Wednesday 15 March 2017

Dip

DIPS adalah suatu program rancangan untuk menganalisa orientasi secara interaktif dengan mendasarkan data  yang berhubungan dengan data-data geologi. Program ini adalah suatu alat bantu yang mampu diterapkan pada banyak aplikasi yang berbeda dan dirancang untuk dapat digunakan baik bagi pemula, maupun bagi pengguna yang mengharapkan analisis proyeksi stereograpik untuk data-data geologi.
Software Tambang
Contur hasil input data pada aplikasi DIPS
DIPS memungkinkan pemakai untuk meneliti dan memvisualisasikan data struktural geologi baik kekar, sesar perlapisan serta struktur-struktur lainnya dengan mengikuti teknik yang sama digunakan di dalam stereonet manual. Sebagai tambahan, banyak fitur-fitur computasi yang tersedia, seperti statistik sekeliling orientasi yang sama ( statistical contouring of orientation clustering), perhitungan orientasi umum secara kuantitatif (mean orientation calculation) dan model-model fiture kualitatif dalam analisa (quantitative feature attribute analysis).

Baca Juga
DIPS telah dirancang untuk analisa data yang berhubungan dengan analisa rancangan struktur batuan, sehingga format yang dipakai DIPS data file memungkinkan menganalisa segala bentuk orientasi basis data. Penggunaan aplikasi DIPS antara lain untuk geologi, tambang dan teknik sipil. Pengenalan aplikasi DIPS disini terbatas pada penggunaan DIPS untuk penentuan arah umum diskontinuitas pada struktur-struktur geologi, dan penentuan jenis longsora yang terbentuk dengan data sudut geser dalamnya.


Mengenal Aplikasi DIPS
Secara garis besar aplikasi DIPS terdiri atas dua program, yaitu :
  1. Lembar kerja / Spreadsheet yang berfungsi menginput data yang akan diproses. Terdiri atas kolom dan baris. (lihat Gambar A).
  2. Countour-plot berfungsi untuk menampilkan semua hasil pengolahan data dalam bentuk kontur stereonet. (lihat Gambar B).
Aplikasi Tambang
Gambar A. Lembar kerja  dan Menu Bar pada aplikasi DIPS



Software Tambang
Gambar B. Tampilan Plot Kontur dan Menu Bar pada aplikasi DIPS
Perlu diketahui karena DIPS berbasis windows maka struktur datanya terdiri atas satu file yaitu Dips File (*.dips).

Trials Software ini dapat di download secara gratis di https://www.rocscience.com/free-trials

Dip Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Masyarakat Belajar

0 comments:

Post a Comment

About Me

authorHello, my name is Miss TS, I'll be serve you well. Please check our detail information.
Learn More →