Saturday 23 December 2017

TRIM-Memotong garis yang saling bersinggungan

Simbol TRIM pada Home Toolbar AutoCad.
TRIM adalah alat bantu pada toolbar AutoCad yang berfungsi sebagai pemotong antar garsi yang bersinggungan. Berdasarkan fungsinya diatas, maka TRIM hanya akan berfungsi pada garis yang saling bersinggungan.

Perintah TRIM dapat diakses dengan mengklik logo seperti diatas toolbar, atau dapat mengetik perintah pada (Command) TRIM atau TR lalu enter.
Komponen Toolbar Home pada AutoCad 2010
Mengakses perintah TRIM dengan cara mengketik TRIM pada kolom Command
CONTOH KASUS
Pertama kita menyediakan media / gambar yang akan kita potong. Pertama kita membuat garis yang menyerupai jaring (net), untuk ukuran spasi (mesh) jaring kita menggunakan 1cm. lihat gambar,
Membuat Net
Pada contoh ini kita akan membuat jaring berbentuk persegi dan bulat.
A. Jaring Persegi,
Panjang persegi 6 cm, Ketik Tr pada Command, klik garis yang akan digunakan sebagai pembatas untuk penghapusan. Pilih seluruh garis bagian luar. Akan tetapi lakukan secara satu persatu bagian. Lalu dilanjutkan dengan menekan spasi atau enter, saat ini kita sudah masuk kepada proses penghapusan garis, pilih satu arah garis diluar batas yang telah kita tandai, lakukan pada semua sisi secara bergantian.
Proses Pemotongan dengan Trim
Hasil potongan / penghapusan garis dengan trim
B. Jaring Bulat,
Buatlah lingkaran tepat ditengah kotak yang sudah selesai di trim tadi, dengan cara mengakses perintah Radius pada Command atau dapat menglik langsung toolbar radius. Tempatkan tepat pada posisi tengah kotak, dan ditarik sampai ke ujung kotak.

Kita masuk ke proses pemotongan, ketik TR pada kolom Command, klik pada lingkaran yang telah kita buat tadi, lalu ketuk spasi, klik semua bagian luar pada lingkaran. Disini kita akan menjumpai beberapa garis tidak dapat terhapus sempurna, MENGAPA, hal ini terjadi karena trim hanya dapat berfungsi pada area garis yang saling bersinggungan, pelajari kembali arti trim diatas. Nah, untuk bagian yang tidak dapat dihapus dengan metode trim, dapat kit hapus secara manual.
Beberapa garis tidak dapat dihapus dengan perintah trim

Hasil setelah dihapus dengan cara manual

TRIM-Memotong garis yang saling bersinggungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Masyarakat Belajar

0 comments:

Post a Comment

About Me

authorHello, my name is Miss TS, I'll be serve you well. Please check our detail information.
Learn More →